Mengenal Ogoh-Ogoh dan Beleganjur, Tradisi Unik dalam Perayaan Hari Raya Nyepi di Desa Jagara

adminjagaraga 24 Maret 2023 21:32:03 WITA

Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan, Bali, siap menyambut Hari Raya Nyepi dengan mempersiapkan tradisi-tradisi unik yang melekat pada perayaan tersebut. Salah satu tradisi yang tak boleh terlewatkan adalah pembuatan ogoh-ogoh, boneka raksasa yang dipercaya bisa mengusir roh jahat pada malam sebelum Hari Raya Nyepi. Selain itu, musik tradisional beleganjur juga akan menghiasi perayaan Hari Raya Nyepi di Desa Jagara.

Ogoh-ogoh merupakan simbol dari sosok jahat dalam kepercayaan Hindu Bali. Masyarakat Desa Jagara mempercayai bahwa dengan membuat ogoh-ogoh dan mengaraknya melalui jalanan, roh jahat akan diusir dari desa. Setiap ogoh-ogoh memiliki simbol-simbol yang mewakili kejahatan, seperti raksasa, hewan buas, dan lainnya. Proses pembuatan ogoh-ogoh dilakukan oleh sekelompok pemuda di desa yang sudah berpengalaman. Selain mengisi waktu luang, kegiatan membuat ogoh-ogoh ini juga sebagai wujud apresiasi dan pengamalan ajaran keagamaan.

Selain ogoh-ogoh, musik tradisional beleganjur juga menjadi bagian penting dalam perayaan Hari Raya Nyepi di Desa Jagara. Beleganjur merupakan musik yang dimainkan oleh sekelompok pemuda yang membawa seperangkat alat musik yang terdiri dari gong, kendang, dan terompet. Musik beleganjur dipercaya bisa mengusir roh jahat dan memberikan energi positif bagi masyarakat. Setiap pura atau desa adat di Bali memiliki kelompok beleganjur masing-masing, termasuk Desa Jagara.

Masyarakat Desa Jagara sangat antusias dalam mempersiapkan perayaan Hari Raya Nyepi ini. Mereka berharap, dengan menjalankan tradisi-tradisi keagamaan dan budaya yang sudah ada sejak lama, mereka bisa memperkuat kebersamaan dan menjaga keharmonisan di desa. Perayaan Hari Raya Nyepi di Desa Jagara bisa menjadi daya tarik wisata yang unik bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat budaya Bali.

Komentar atas Mengenal Ogoh-Ogoh dan Beleganjur, Tradisi Unik dalam Perayaan Hari Raya Nyepi di Desa Jagara

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Jagaraga

tampilkan dalam peta lebih besar