Upacara Dewa Yadnya di Kantor Desa Jagaraga Wujud Syukur dan Bakti kepada Tuhan

adminjagaraga 10 Juni 2023 19:40:23 WITA

Jagaraga, 31 Mei 2023 - Pada hari Rabu, tanggal 31 Mei 2023, Kantor Desa Jagaraga menjadi saksi dari sebuah upacara yang sarat makna dan spiritual. Dalam rangka mengungkapkan rasa syukur dan bakti kepada Tuhan, kelian desa adat Jagaraga, perbekel Jagaraga, beserta staff desa Jagaraga dan pemangku kayangan tiga berkumpul di Kantor Desa Jagaraga untuk melaksanakan Upacara Dewa Yadnya.

Dalam upacara yang dipimpin oleh Perbekel Jagaraga, Nyoman Partha, S.H., para peserta upacara mengenakan pakaian adat Bali dengan hiasan bunga dan aksesoris tradisional. Mereka berkumpul di pelataran Kantor Desa yang dipercantik dengan aneka penjor dan hiasan-hiasan suci.

Upacara Dewa Yadnya merupakan salah satu tradisi suci yang dilaksanakan oleh masyarakat Hindu Bali sebagai wujud penghormatan dan syukur kepada Tuhan atas berkah dan rahmat-Nya. Yadnya sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti pengorbanan atau persembahan.

Dalam upacara ini, persembahan berupa nasi, buah-buahan, bunga, dupa, dan sesaji lainnya disiapkan dengan seksama. Semua itu merupakan simbol dari rasa syukur dan bakti masyarakat Jagaraga kepada Tuhan atas kelimpahan rezeki dan kehidupan yang diberikan-Nya.

Perbekel Jagaraga, Nyoman Partha, S.H., mengungkapkan betapa pentingnya menjaga dan merawat hubungan yang harmonis dengan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. "Upacara Dewa Yadnya ini bukan sekadar tradisi, melainkan bentuk persembahan dan penghormatan kita kepada Sang Pencipta. Dengan menggelar upacara ini, kita berharap agar kita senantiasa diberkahi dan dilindungi dalam menjalani kehidupan ini," ujar Perbekel Jagaraga.

Komentar atas Upacara Dewa Yadnya di Kantor Desa Jagaraga Wujud Syukur dan Bakti kepada Tuhan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Jagaraga

tampilkan dalam peta lebih besar