Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi Pemerintahan Desa dari DPMD Kab. Buleleng

KETUT JOHANIAWAN, ST 12 Juli 2018 15:20:15 WITA

Pada hari rabu tanggal 11 Juli 2018, bertempat di kantor perbekel desa jagaraga dikunjungi tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buleleng. Tim yang terdiri dari 5 orang tiba pada pukul 09.00 wita, dari kejauhan nampak wajah tak asing dari anggota tim, yaitu : I Gst. Putu Ngurah Mastika, madong Hartono dan Agus Tri. Tim di sambut oleh perangkat desa dan undangan dari BPD, kemudian tim digiring menuju ruang aula kantor perbekel untuk menikmati suguhan sederhana dari desa sebelum menerangkan maksud dan tujuan kedatangan tim ke desa.

Acara di buka oleh sekretaris desa menyampaikan kepada undangan bahwa ada kunjungan tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan memberikan waktu kepada tim untuk menerangkan maksud dan tujuan kedatangan tim. Disampaikan oleh Bapak I Gst. Putu Ngurah Mastika selaku Kabid. Pemdes, bahwa maksud  dan tujuan kedatangannya adalah dalam rangka Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi Pemerintahan Desa, kehadirannya bukan sebagai pemeriksa, namun lebih ke pembinaan atau diskusi terkait pemerintahan desa. Beliau juga menegaskan kepada pengelola dana desa agar berhati-hati dalam memberikan informasi/data tentang keuangan desa. Karena yang berwenang didalam melakukan pemeriksaan/review/evaluasi adalah : BPK, BPKP, Inspektorat Daerah, Kepolisian RI, Kejaksaan, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) bukan Komite Pemberantasan Korupsi. Bila terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab meminta data dengan cara memaksa atau meminta uang ke desa agar dilaporkan ke pikah berwajib.

Setelah acara ramah tamah yang sangat sederhana tersebut, tim langsung memberikan pembinaan kepada staff desa, mulai dari kadus, kasi/kaur yang menjadi pelaksana kegiatan. Banyak masukan atau ilmu yang didapat dari tim menyangkut administrasi desa, antara lain : pembuatan SPJ, Buku Kas Umum, Buku Pembantu Bank, Buku Pajak, Buku Kas Pembantu Kegiatan (pelaksana kegiatan) dan pembuatan profil desa. Profil Desa merupakan sumber data dari desa tersebut, dari profil desa bisa memetakan/merencanakan kegiatan yang akan dilahirkan. Sebelum berakhir tim meminta diantar kelokasi meninjau kegiatan yang telah dilaksanakan oleh desa.

Banyak manfaat yang didapat dari pembinaan ini, dari desa berharap kegiatan (pembinaan) seperti ini agar lebih sering dilaksanakan agar administrasi pemerintahan di desa bisa lebih baik.

Komentar atas Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi Pemerintahan Desa dari DPMD Kab. Buleleng

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Jagaraga

tampilkan dalam peta lebih besar